Jumat, 28 Juni 2013

Belajar Membuat HTML lewat NotePad (Bab Pengenalan)



Teman-teman semua pasti punya program "NotePad" kan di laptopnya?
Nah ternyata, NotePad itu keren loh! Apa sebabnya? Karena NotePad bisa digunain buat bikin HTML (yeeee! #krikkrik)
Pada semester kedua yang telah saya jalani, dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi alisa TIK saya dikenalkan dengan materi "HTML." Menurut saya, ini adalah materi terasyik yang pernah saya tekuni, jadi saya berniat membagi sedikit banyak dari pengetahuan yang saya tahu kepada teman-teman semua!
Oke, untuk kali ini saya hanya akan membahas unsur-unsur sederhananya saja. Let's Check it out!
Struktur utama dari sebuah HTML yaitu:

<html>
<head>
<title></title> <- kita dapat memasukkan judul html yang akan kita buat diantara tanda "><" nya
</head>
<body> <- kita dapat menuliskan artikel yang ingin kita tulis di html, mengakhiri dengan tag body tutup
</body>
</html>

Setelah itu kita dapat meng-savenya dengan judul file yang diakhiri dengan ".html" -> contohnya : "index.html"
Sesuai dengan nasehat yang diberikan Guru TIK saya, file html utama sebaiknya diberi judul "index" agar kita tak bingung mencarinya (tapi mungkin itu nasehat untuk mempermudah Guru saya dalam proses penilaiannya saja).
Hal yang sangat kita perlu cermati dalam pembuatan html yaitu ketelitian dalam penulisan kata dalam tag maupun tanda-tanda baca yang berhubungan dengan tag, seperti: " , > , < , / , :
Karena apabila kita lupa atau salah dalam penulisan tag maka html yang muncul tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Mungkin hanya ini yang bisa saya tulis untuk kali ini. Selamat Mencoba! Sampai bertemu di bab berikutnya!

3 komentar :

  1. kak, caranya buat nambahin waktu otomatis di notepad untuk html gimana ya caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh lupa -_- coba searching aja, ada kok, aku udah pernah bikin hehe

      Hapus